Mengenai Saya

Foto Saya
Saya orang yang teguh dengan pendirian, tidak mudah putus asa, dan cinta keindahan.

Rabu, 28 Desember 2011

MORFOLOGI, MORFEM, DAN MORF.


1.     PENGERTIAN MORFOLOGI
Menurut Odien R. ( 2004 : 145) morfologi adalah cabang atau tataran ilmu bahasa yang bersama-sama dengan sintaksis termasuk kedalam gramatika atau tata bahasa.
Menurut Crystal (1997) mendefinisikan morfologi sebagai “ the branch of grammar studies the structure of words.’’ (morfologi merupakan cabang gramatika / tata bahasa yang mengkaji struktur kata.)
Menurut Kridalaksana (1993) yang mendefinisikan morfologi sebagai (i ) bidang linguistik yang mempelajari morfem dan kombinasi – kombinasinya, dan (ii) bagian dari truktur bahasa yang mencakup kata dan bagian – bagian kata yakni morfem.
Menurut Leehmann (1976) menyatakan bahwa “morphologi is the study of morphemes their variation, and their combination in word.” (morfologi adalah studi tentang morfem, dan kombinasi – kombinasi didalam kata.)
Menurut Wardhaugh (1977) mendefinisikan morfologi sebagai “the study of morphemes and their combination in word.” (morfologi merupakan studi morfem dan kombinsi – kombinasi morfem dalam kata.)
Menurut Ramlan (1968 : 19) menjelaskan bahwa morfologi ialah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau yang mempelajari seluk beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan – perubahan bentuk kata terhadap golongan kata dan arti kata atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa morfologi mempelajari seluk beluk bentuk kata serta fungsi perubahan – perubahan bentuk kata itu baik fungsi gramatika maupun fungsi semantik.
Menurut Nida (1949 : 1) morfologi adalah studi tentang morfem dan susunannya didalam pembentukan kata.

Menurut Verhaar  (2004 : 97) morfologi adalah cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan – satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal.

2.     PENGERTIAN MORFEM
Menurut Nida (1949 : 1) morfem adalah satuan terkecil bermakna yang akurat yang merupakan kata atau bagian kata.
Menurut Katamba (1993 : 24 ) morfem adalah perbedaan terkecil mengenai makna kata atau makna kalimat dalam struktur gramatikal.
Menurut Lyons (1968 : 80 )  morfem adalah unit analisis gramatikal yang  terkecil .
Menurut Ramlan (1983 : 26) morfem adalah satuan gramatik yang paling kecil yang tidak mempunyai satuan lain selain unsurnya.
Menurut Alwasilah (1983 : 10) morfem ialah satuan bentuk terkecil yang mempunyai arti.
Menurut Sitindoan (1984 : 64) morfem ialah kesatuan gramatik yang terkecil yang mengandung arti, yang tidak mempunyai kesamaan baik dalam bentuk maupun dalam arti dengan bentuk – bentuk yang lain.
Menurut Bloomfield (1933 : 161) mendefinisikan morfem sebagai “a linguistic from wich bears no partial phonetic – semantic resemblance to any other form, is a simple form or morpheme.
Maksud dari pernyataan tersebut “satu bentuk lingual yang sebagiannya tidak mirip dengan bentuk lain manapun secara bunyi maupun arti adalah bentuk tunggal atau morfem.”
Menurut Samsuri (1982 : 170) morfem merupakan bentuk pengertian yang terkecil yang sama atau mirip yang berulang.
Menurut Kridalaksana (1933) morfem merupakan satuan bahasa terkecil yang maknanya secara relatif stabil dan yang tidak dapat dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil.
Menurut Gleason (1955) “a morpheme is the sellest unit which is grammatically pertinent.” (morfem merupakan unit paling kecil yang bersangkutan dengan tata bahasa.)
Contoh Morfem :
-          morfem tulis, bahwa menulis terdiri ata morfem men- dan tulis;
-          morfem meng- misalnya pada kata menghapus, meny- misalnya pada kata menyuruh dan lain.

3.     PENGERTIAN MORF DAN ALOMORF
Menurut Odien R. (2004 : 147) morf adalah anggota darisuatu morfem yang belum ditentukan distribusinya atau wujud konkret / wujud fonemis dari suatu morfem.
Menurut Odien R. (2004 : 147) alomorf adalah anggota morfem yang telah ditentukan posisi/ distribusinya.

     Contoh Morf dan Alomorf :
-          satuan – satuan pe-, pem-, peng-, peny- dan penge masing – masing disebut morf  yang semuanya alomorf dari morfem pen-;
-          morfem men- yang mempunyai struktur fonologi mem- misalnya pada kata membawa. Mem-, men- adalah morf yang semuanya alomorf dari morfem men-.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar